Karakter Bangsa Dapat Dibangun Melalui Pendidikan Matematika yang Humanis

UMK – Bertempat di Ruang Seminar Gedung Rektorat Lantai IV, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus mengadakan kuliah umum dengan tema “Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Matematika yang Humanis”. Kuliah umum ini mendatangkan seorang pakar matematika, Dra. Sri Susiana Suryandari, M.Pd.

Kuliah umum semester genap ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 28 April 2018 ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika dan sebagian mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Narasumber yang didatangkan pada kuliah umum ini merupakan guru matematika berprestasi dari SMA Taruna Nusantara Magelang. Wanita yang memiliki dua anak perempuan hebat ini menyampaikan untuk memberikan pembelajaran matematika yang humanis bisa dilakukan dengan memberikan sesuatu yang disenangi oleh siswa. Guru matematika SMA Taruna Nusantara yang berprestasi ini sering memberikan musik di sela-sela pembelajaran matematika. Terkadang, jika siswanya mulai bosan untuk belajar, guru matematika ini juga piawai menciptakan puisi ketika mengajar.

“Sebagai guru harus bisa menjadi role model. Jika ingin mencetak siswa berprestasi, gurunya juga harus berprestasi”, tuturnya. (Himma)

Guru Matematika Berprestasi Nasional Mengisi Kuliah Tamu

UMK – Kuliah tamu bertema “Guru Matematika Inspiratif, Mencatak Generasi Kreatif” diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus pada hari Kamis, 26 April 2018. Kuliah tamu yang bertempat di Ruang Seminar Gedung Rektorat Lantai IV ini disambut antusias oleh dosen dan seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus. Selain itu, sebagian mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar juga berpartisipasi sebagai peserta kuliah tamu yang sangat menarik ini.

Drs. Sucipto, M.Pd. Kons mewakili Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus membuka kuliah tamu dengan menyampaikan bahwa menjadi guru matematika harus kreatif. Misalkan ketika membelajarkan matematika tidak hanya tekstual tetapi sebaiknya kontekstual.

Narasumber kuliah tamu ini yaitu Arif Ediyanto, M.Pd., guru matematika SMK Negeri 1 Kendal yang memiliki segudang prestasi. Arif berpesan kepada mahasiswa agar kelak dapat menjadi guru yang luar biasa. Jika ingin menjadi guru yang luar biasa jangan hanya berpuas diri untuk menjadi guru yang baik. Jadilah guru yang dapat menginspirasi siswa. (Himma)

Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global”

UMK - Bertempat di Auditorium Universitas Muria Kudus, 11 April 2018, Ketua Panitia Seminar Nasional, Bapak Santoso, S.Pd., M.Pd. membuka secara resmi seminar nasional yang bertajuk “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global”. Seminar nasional ini diselenggarakan oleh kerja sama Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Seminar Nasional yang dihadiri mahasiswa Pendidikan Matematika dan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus serta Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jember ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Prof. Dr. H.M. Sulthon Masyhud, M.Pd. (Konsultan Manajemen Pendidikan), Retno Listyarti, M.Si (Anggota Komisioner KPAI), dan Prof. Dr. Wahyudin, M.Pd (Guru Besar Pendidikan Matematika UPI).

 

Prof. Dr. H.M. Sulthon Masyhud, M.Pd menjelaskan mengenai “Manajemen Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar”. Beliau menyampaikan bahwa Pendidikan karakter di sekolah memiliki nilai strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembangunan sumber daya manusia dalam era globalisasi. Pembicara kedua, Retno Listyarti, M.Si memaparkan tentang “Pembelajaran Pendidikan Karakter dalam Ruang Kelas” yang mana dalam pemaparan beliau terdapat 18 karakter yang harus dikembangkan oleh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah-sekolah yaitu: karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tau, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab. Selanjutnya, Prof. Dr. Wahyudin, M.Pd memaparkan tentang “Pembelajaran Matematika dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)” yang mana beliau menyampaikan bahwa pembelajaran adalah wahana yang dirancang oleh pendidik secara sadar untuk mencapai tujuan pendidikan.  Beliau juga memaparkan bahwa guru dapat mengintegrasikan PPK melalui pemilihan metode mengajar, dan cara mengelola kelas selama proses KMB. Ketika mengelola kelas guru berkesempatan untuk mengembangkan karakter melalui tindakan dan tutur katanya selama proses KMB berlangsung.

 

Pada penutupan diisi dengan sesi tanya jawab yang disambut antusiasme oleh beberapa dosen dari Universitas Jember dan banyak mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus serta mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Jember untuk mengetahui lebih dalam kaitannya dengan Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global.

 

Dari ketiga narasumber mengatakan bahwa untuk berhasilnya pendidikan karakter diperlukan adanya pembelajaran yang terwujud dalam interaksi proses belajar mengajar. Setiap proses pembelajaran melibatkan mata pelajaran tertentu atau tema yang sedang dilaksanakan, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, serta pengelolaan kelas. Guru dapat melakukan pemilihan metode mengajar yang kreatif dan inovatif, dan cara mengelola kelas selama proses pembelajaran. Ketika mengelola kelas guru berkesempatan untuk mengembangkan karakter melalui tindakan dan tutur katanya selama proses pembelajaran berlangsung. (Fitri)

Seminar Nasional Call For Paper

 

Seminar Nasional dan Call For Paper

Kuliah Tamu Pendidikan Matematika

UMK – Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus menyelenggarakan kuliah tamu pada hari Sabtu, 6 Januari 2018. Kegiatan kuliah tamu dengan tajuk “Meretas Peluang Sarjana Pendidikan Matematika yang Profesional” ini bertempat di Ruang Seminar Gedung Rektorat Lantai IV dengan peserta dosen dan seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muria Kudus.

Pembuka acara kuliah tamu ini yaitu Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus yang diwakili oleh Wakil Dekan III, Drs. Sucipto, M.Pd. Kons. Beliau menyampaikan bahwa calon pendidik matematika harus profesional.

Kuliah tamu kali ini menghadirkan Ardhi Prabowo, S.Pd., M.Pd. sebagai pakar pembelajaran inovatif dari Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang. Ardhi mengatakan bahwa agar menjadi guru yang profesional salah satunya adalah harus kreatif. Caranya yaitu guru harus selalu memperluas pengetahuan dan dapat mengubah pola hidup. Mahasiswa peserta kuliah tamu diajak berpikir kreatif dengan cara disajikan sebuah spidol, kemudian peserta secara berpasangan membuat pertanyaan yang berbeda berkaitan dengan spidol. Kegiatan sederhana ini sebagai contoh bagaimana guru secara kreatif bisa mendorong siswanya untuk berpikir kreatif.

Di dalam kegiatan kuliah tamu ini, pembicara lebih banyak mengajak peserta untuk kreatif dan bekerja kelompok. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa kegiatan kuliah tamu kali ini berbeda karena sangat interaktif dan lebih banyak melibatkan mahasiswa untuk berdiskusi dan berkarya.

Narasumber yang pernah menjadi Konsultan Nasional USAID-Prioritas dan DFAT-Inovasi ini menutup kuliah tamu dengan menyimpulkan 4 kompetensi yang harus dikuasai oleh pendidik yang profesional, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. (Himma)

Page 1 of 2

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis Bae Kudus Jawa Tengah - Indonesia, 59327
Telp. +62291-438229
Fax. +62291-437198
Email muria@umk.ac.id

 

Contact Us