Ahli Lesson Study dari Jepang Mengisi Kuliah Umum

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus kembali menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study”. Kuliah umum tersebut menghadirkan dua narasumber ahli dari Hirosima University (Jepang) dan Universitas Pendidikan Indonesia. Dua narasumber tersebut, yakni Prof. Takuya Kosakabe dan Arif Hidayat, Ph.D.Ed. Kegiatan yang terbuka bagi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan  Magister Pendidikan Dasar Universitas Muria Kudus itu diselenggarakan pada Selasa, 9 Oktober 2018 di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus.

 

Pada kesempatan tersebut, Prof. Takuya Kosakabe dan Arif Hidayat, Ph.D.Ed Pada kunjunganya ia meluangkan waktu untuk berbagi Ilmu kepada mahasiswa dalam kuliah umum yang bertemakan tentang “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study”. mengenalkan berbagai fasilitas dan beberapa cara dalam pencapaian kualitas pembelajaran melalui Lesson Study yang dicapai dengan berbagai riset dan penelitian. Beliau juga menginformasikan bahwa peringkat Pendidikan Indonesia terakhir menurut PISA berada pada posisi bawah. beliau juga mengatakan bahwa sudah menjalin kerjasama dengan UMK dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study.

 

Sementara itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus, bapak  Dr. Slamet Utomo M.Pd yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan, bahwa kuliah umum ini adalah upaya untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang Lesson Study dalam meningkatkan kualiatas pendidikan. Beliau juga mengatakan bahwa tingkat kesuksesan pembelajaran di sekolah dapat diukur dari respon anak ketika mengikuti pembelajaran. Harapannya, dari kerja sama yang dijalin dengan Universitas Muria Kudus adalah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui lesson study. (Fitri)

 

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis Bae Kudus Jawa Tengah - Indonesia, 59327
Telp. +62291-438229
Fax. +62291-437198
Email muria@umk.ac.id

 

Contact Us