Skripsi

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Skripsi merupakan mata kuliah penulisan tugas akhir bagi mahasiswa program studi Pendidikan Matematika. Bobot mata kuliah skripsi 6 SKS dan dapat diambil mulai semester VII.

 

PERSYARATAN AKADEMIK

1.   Telah menyelesaikan mata kuliah minimal 120 sks yang ditentukan oleh prodi

2.   Telah lulus mata kuliah prasyarat skripsi

3.   Tidak terdapat nilai E

4.   IPK minimal 3,0,

5.   Nilai D tidak lebih dari 10% dari total SKS mata kuliah yang  telah ditempuh.

 

PERSYARATAN ADMINISTRASI

1.   Terdaftar sebagai mahasiswa aktif

2.   Input mata kuliah skripsi pada krs

3.   Menyelesaikan administrasi skripsi

4.   Mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan skripsi dalam waktu 2 semester wajib menginput ulang skripsi dan membayar ulang biaya administrasi.

 

PENGAJUAN DOSEN PEMBIMBING

Pada awal semester VII, mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik dan administrasi diminta untuk mengajukan minimal 3 topik/judul penelitian sekaligus mengajukan calon dosen pembimbing.

Kaprodi menyeleksi topik/judul skripsi yang diajukan mahasiswa. Kemudian kaprodi menentukan dua dosen pembimbing dengan mempertimbangkan usulan mahasiswa, kepakaran dosen dengan topik skripsi, dan proporsi jumlah mahasiswa bimbingannya yang selanjutnya diajukan SK pembimbingan. Mahasiswa yang telah menyelesaikan administrasi skripsi ke bagian sekretariat FKIP akan diberikan SK pembimbing sekaligus buku panduan skripsi.

 

BUKU PANDUAN SKRIPSI

Buku panduan penyusunan skripsi disediakan di tingkat fakultas. Buku ini menjadi panduan mahasiswa dan pembimbing melakukan penyusunan tugas akhir/skripsi mulai dari informasi persyaratan, pengajuan tema/judul, pengajuan calon pembimbing, penetapan judul dan pembimbingnya, proses penelitian dan pembimbingan, tata cara penulisan, proses ujian, dan lain sebagainya. Setiap mahasiswa diharuskan memiliki buku panduan tugas akhir/skripsi.

 

PROSES PEMBIMBINGAN DAN UJIAN

Proses pembimbingan skripsi di program studi Pendidikan Matematika dimulai setelah Surat Keputusan (SK) Dosen Pembimbing skripsi diterbitkan. Setiap kali selesai melakukan konsultasi pembimbingan skripsi, mahasiswa wajib membawa lembar berita acara bimbingan skripsi yang terdapat pada buku bimbingan skripsi yang ditandatangani oleh pembimbing dan mahasiswa yang bersangkutan. Mahasiswa dapat mengajukan permohonan seminar proposal skripsi jika sudah memperoleh persetujuan seminar ujian proposal skripsi yang ditandatangani oleh pembimbing I dan II dan diketahui oleh Kaprodi.

Mahasiswa yang dinyatakan lulus seminar proposal skripsi apabila memperoleh nilai minimal B dan dapat melanjutkan kegiatan penelitiannya. Mahasiswa yang tidak lulus seminar proposal skripsi diharuskan mengulang seminar proposal skripsi. Setelah melaksanakan penelitian, mahasiswa melanjutkan bimbingan hasil penelitian dengan dosen pembimbing. Mahasiswa wajib melakukan konsultasi pembimbingan skripsi minimal 8 (delapan) kali dengan masing-masing pembimbing, sehingga skripsi dapat diselesaikan dan diajukan untuk ujian.

Mahasiswa dapat mengajukan permohonan ujian skripsi jika proses pembimbingan skripsi telah selesai dan memperoleh persetujuan ujian skripsi yang ditandatangani oleh pembimbing I dan II dan diketahui oleh Kaprodi. Mahasiswa juga wajib menyelesaikan administrasi dan membawa surat keterangan telah mengumpulkan proposal skripsi ke perpustakaan. Setelah menyelesaikan administrasi, mahasiswa kemudian menyerahkan 4 (empat) bendel skripsi dan printout bahan presentasi kepada Kaprodi. Sekretariat menjadwalkan tanggal ujian dan dosen penguji skripsi atas nama mahasiswa yang bersangkutan.

Mahasiswa dinyatakan lulus ujian skripsi jika memperoleh nilai C. Mahasiswa yang lulus dengan revisi wajib melakukan revisi maksimal 2 (dua) bulan dimulai 1 (satu) minggu setelah ujian. Mahasiswa yang telah menyelesaikan revisi skripsi dan memperoleh tanda tangan pengesahan skripsi mengumpulkan skripsi dan CD ke sekretariat  FKIP serta perpustakaan pusat UMK untuk kemudian mendaftar wisuda.