Mengkritisi Intuisi Siswa dalam Kuliah Perdana

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Kuliah perdana tahun akademik 2019/2020 Program Studi Pendidikan Matematika (Prodi PMAT), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK) diadakan pada hari Rabu tanggal 18 Desember 2019. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Seminar Rektorat Lantai IV dan diikuti oleh dosen dan seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika. Tajuk dari kuliah perdana kali ini yaitu “Mengkritisi Intuisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika”.

Pakar pendidikan matematika yang dihadirkan dalam kuliah perdana ini yaitu Dr. Budi Usodo, M.Pd. dari Universitas Sebelas Maret. (UNS) Doktor lulusan Universitas Surabaya ini menyampaikan materi dengan judul “Peran Intuisi dalam Mengonstruksi Pengetahuan dan Memecahkan Masalah Matematika”. Kuliah perdana in berlangsung interaktif dan antusias mahasiswa sangat tinggi.

Narasumber yang sedang menjabat sebagai Kaprodi S2 Pendidikan Matematika UNS menjelaskan bahwa intuisi merupakan ide awal. Budi melanjutkan bahwa setiap siswa pada awalnya berpikir matematika secara intuitif, kemudian siswa akan mengkonstruksi pengetahuan matematika secara formal.

Pembahasan mengenai intuisi oleh narasumber menarik perhatian dan interaksi para peserta kuliah perdana. Beberapa peserta dapat menjawab beberapa masalah matematika yang diberikan oleh narasumber.

Savitri Wanabuliandari, M.Pd. selaku ketua pelaksana kegiatan kuliah perdana membuka kegiatan sekaligus menyampaikan agar mahasiswa dapat menimba ilmu dari pakar yang mengisi kuliah perdana ini. (Himma)